Pertanyaan tentang Ovulasi dan Anovulasi


Beberapa pertanyaan dan jawaban mengenai Ovulasi dan Anovulasi :

* sumber : www.tanyadokter.com


Pertanyaan :
selamat siang dokter..
saya mo tanya tentang anovulasi. mohon penjelasannya mengenai anovulasi dari apa yang dimaksud anovulasi , penyebabnya dan tanda-tanda mengalami anovulasi. Apakah itu berpengaruh dengan kesuburan??
terima kasih atas jawabannya.

Jawaban :
Anovulasi adalah tidak terdapatnya pelepasan sel telur pada wanita. Pada keadaan yang normal setiap wanita akan melepaskan sel telur secara teratur setiap bulan pada setiap siklus menstruasi biasanya ovarium kanan dan kiri melepaskannya secara bergantian. Jadi bila tidak ada ovulasi maka tidak akan terjadi pembuahan/kehamilan.

Dalam keadaan tertentu terjadi anovulasi yang dapat disebabkan oleh faktor psikis seperti stress, gangguan hormon, penggunaan kontrasepsei hormonal, atau kelainan organik lain yang mengarah pada tumor.

Jika tidak mengalami ovulasi terkadang wanita tersebut juga tidak mengalami mentruasi. Namun lebih sering ditemukan mereka mengalami ovulasi yang normal. Bila ada kesulitan dalam kehamilan biasanya pemberian obat perangsang ovulasilah yang diberikan pertama kali. Hal ini dikarenakan anovulasi merupakan penyebab infertilitas tersering.



Pertanyaan :
hallo dok..saya anggota baru di forum ini...bolehkan dok saya ikut konsultasi..
begini dok saya sudah 5 bulan menikah tapi belum di kasih anak...saya dan suami masih berusaha tapi kadang masalahnya suami saya itu kerjanya tidak office hour jadi kadang2 pulangnya malem dan sudah cape yg mau saya tanyakan:

1.apakah kondisi tubuh yang cape mempengaruhi kualitas sperma?
2.apakah banyak pikiran juga mempengaruhi kualitas sperma buat suami dan sel telur buat saya?
3.menurut perhitungan masa subur saya tgl 3 sd 8 nov, saya dan suami rutin berhubungan 2 kali sehari..dan mulai tgl 7 nov kmaren perut saya mules seperti mau mens..apakah itu ciri2 saya sedang berovulasi tapi ketika mengecek suhu tubuh saya seperti biasa saja tidak mengalami peningkatan, oh iya dok jadwal mens saya 25 okt, 29 sep dan 29 agts

demikian pertanyaan dari saya..terimakasih ya dok sebelumnya..


Jawaban :
Selamat bergabung dengan kami....

Langsung kami jawab pertanyaannya ya....

1. Kondisi tubuh yang capai jelas dapat mempengaruhi kualitas dari sperma suami, hal ini ada hubungannya dengan stress. Dengan keadaan tubuh yang lelah, maka menjadi stressor bagi tubuh kita sendiri. Keadaan ini dapat mengganggu keadaan hormon yang berperan untuk pembentukan sperma.

2. Sama dengan jawaban diatas, sel telur anda juga sangat rentan terhadap ketidakseimbangan hormonal yang terjadi pada saat anda stress, banyak pikiran. Hal ini dapat menganggu jadwal siklus anda, ovulasi anda.

3. Untuk mengetahui apakah sedang ovulasi atau tidak memang ada cara sederhana yang dapat membantu anda, seperti pengukuran suhu basal tubuh pada pagi hari, dan pengecekan lendir vagina. Pada saat menjelang ovulasi lendir vagina akan mengental, sampai puncaknya saat ovulasi tiba. Lendir pada saat ini biasanya dapat anda regangkan sampai 12-15 cm tanpa putus.
Pada saat ovulasi dapat juga terjadi mules perut, hal ini karena pada pelepasan sel telur dari kandung telur ke saluran telur dapat menimbulkan perlukaan kecil, lalu sedikit darah yang keluar dapat tersimpan ke dalam rongga perut bagian belakang, sehingga menyebabkan rengsangan nyeri (biasa disebut sebagai 'mittelschmerz' dalam dunia medis).

Untuk mengetahui perkiraan masa subur anda dapat menggunakan alat penghitung yang ada di halaman utama kami....

Demikian jawaban yang dapat kami berikan semoga dapat menambah informasi dan berguna untuk anda dan suami....




Pertanyaan :
Siang Dokter,

Dok, saya mau tanya, apa ciri2 anovulasi itu? Apakah wanita yg haidnya lancar dapat mengalami anovulasi? Haid saya lancar, tapi pernah pada saat saya di USG (pada hari ke-16 dari hari pertama haid) tidak ditemukannya sel telur. Apakah itu termasuk anovulasi?

Terima kasih atas jawaban Dokter.

Jawaban :
Salah satu ciri tidak ovulasi adalah tidak teratur, walau teratur pun masih mungkin tidak ada ovulasi...
Biasanya darah haid bisa lebih sedikit dari normal, sedangkan yang lainnya mungkin tidak ada yang khas, harus dari pemeriksaan USG pada saat selesai mens anda...

Bila anda katakan hari ke 16 tidak ada telur, berapa panjang siklus anda?
Bisa saja saat itu sel telur sudah keluar dari ovarium, sehingga saat itu tidak ditemukan apa2...
Bagaimana pendapat dokter anda saat itu?

Mungkin hanya ini yang dapat kami sampaikan...semoga dapat membantu, dan kami berharap anda dapat meberikan beberapa data lebih agar bisa kita diskusikan bersama yah...
Sekian dari kami...semoga dapat membantu...
Terima kasih...




Pertanyaan :
Dokter,

Saat ini saya sedang program untuk hamil, DSOG memberi saya serophene untuk dimakan mulai H4-H9. Pada H14 saya di USG untuk mengetahui ukuran telur, dan hasilnya ada beberapa telur yang berukuran 19-20 mm.
Apakah hal tersebut artinya ovulasi blm terjadi? Padahal siklus haid saya 24 hari dan kalau dihitung2 seharusnya ovulasi terjadi pada H10.

Kemudian saya disuntik pregnyl 5000, dan besoknya disuruh berhubungan. Benarkah pregnyl untuk memecahkan telur(ovulasi)? Bagaimana cara mengetahui telur tsb pecah atau tidak?

Mohon infonya ya dok¡K Soalnya kalau metode tsb diatas gagal saya rencana mau program inseminasi. Apakah yang menyebabkan gagalnya inseminasi dok?

Jawaban :
Sebenarnya yang sudah direncanakan dokter anda sudah tepat kok...walaupun siklus anda biasanya 24 hari, dengan pengaruh serophene, maka pematangan telur akan diatur menjadi sekitar 12-14 hari, jadi pasti akan sedikit lebih panjang...anda tidak perlu khawatir kok...Ukuran 20mm telur menandakan pematangan telur sudah baik, dan pemberian suntikan pregnyl memang untuk merangsang/membantu hormon LH yang membuat ovulasi terjadi...

Untuk mengetahui pastinya tentu dengan melihat kadar LH setelah 1-2 hari pasca suntikan...hanya saja menurut kami mungkin belum perlu, karena biasanya dengan pregnyl bisa pecah kok, jadi tidak buang2 uang... :)
Dan sebenarnya mungkin anda dapat mengamati proses ovulasi dengan mengukur suhu tubuh basal anda saat pagi hari setelah bangun tidur (sebelum melakukan apapun..)...hanya saja akan lebih akurat bila anda mengukurnya sejak haid hari pertama...dengan membuat grafik, pada saat ovulasi akan terjadi peningkatan suhu dibandingkan rata2 hari sebelumnya, kenaikan sekitar 0,5-1 derajat...

Mengenai jadi atau tidaknya sangat tergantung pertemuan telur dan sperma...sperma pun harus dalam keadaan prima...
Bila kali ini anda gagal dan ingin melakukan inseminasi mungkin hasilnya tidak terlalu jauh berbeda prosentase kemungkinannya, hanya bertambah 10 % kemungkinan berhasilnya...(kecuali dengan bayi tabung bisa lebih besar...tapi belum saatnya yah...)

Bila ovulasi terjadi, sel telur matang dengan baik, anatomis anda tidak ada masalah, sperma suami anda dalam keadaan baik, maka tinggal menunggu waktu kok, mungkin anda harus sedikit bersabar lagi...Inseminasi seperti yang kami sebutkan hanya menambah sedikit kemungkinannya....




Pertanyaan :
dok,makasi sbelum nya atas sgala info nya.

sy pgn tanya dok gejala2 akan terjadi nya ovulasi tuh sperti apa?
apa ada tanda2 nya ga yg kita bisa berasa dok...

krn sy berasa mgkn masa subur saya udah lewat jd sy skg lagi nunggu aja dok apakah bisa jadi kehamilan...

krn mens saya bulan lalu telat nya lama,jd skg saya ms bingung utk hitung ms subur.

anyway, dok tlg di jawab yah pertanyaan saya yg diatas.makasi yah

Jawaban :
Terima kasih atas pertanyaan saudara....

wah....memang sulit bila ingin menghitung masa subur atau ovulasi bila memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.
Menghitung atau mengetahui masa ovulasi sebenarnya harus dipadukan dengan berbgai pemeriksaan sehingga akan mendapatkan keakuratan karena masa subur atau ovulasi ini merupakan suatu perkiraan.

Masa subur atau ovulasi terjadi 14 hari sebelum datang menstruasi berikutnya. Hal ini tentulah sulit dihitung bila anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.
Gejala" yang bisa anda rasakan biasanya adalah dengan adanya peningkatan suhu tubuh anda sesaat setelah anda bangun tidur sebelum anda beranjak dari tempat tidur (peningkatan suhu basal). Gejala lain yang muncul adalah dengan adanya lendir kental, bening,tidak berbau dan tidak berwarna yng muncul dari genitalia saudara. Lendir ini bila dilebarkan tidak akan putus dikarenakan kekentalan yang meningkat.
Pemeriksaan lain yang juga dapat membantu dalam memastikan adalah dengan pemeriksaan biopsi endometrium, sitologi vagina, mengukur keasaman vagina dan kalau perlu dilakukan pemeriksaan USG.
Keempat pemeriksaan terakhir tentulah tidak dapat dilakukan sendiri dan harus dikerjakan oleh ahlinya.



Pertanyaan :
Dokter yg baik sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih atas jawaban dokter sebelumnya di topik asthenoteratozoospermia, semoga dokter ngga bosan ya jawab pertanyaan saya.
saya menderita PCO dan diberikan methformin dan serophene oleh dokter sehingga pada hari ke 13 diketahui telur saya ada yg besar, dokter kemudian meminta untuk tes progesteron di hari ke 21 untuk memastikan terjadinya ovulasi dan hasilnya nilai progesterone saya adalah 35 ng/mL. menurut dokter saya hasilnya bagus dan menandakan terjadinya ovulasi di siklus tersebut, yg ingin saya tanyakan dok:
1. berdasarkan skala referensi yg saya baca nilai 35 seperti orang yg sedang hamil dalam trisemester pertama, apakah nilai progesterone dapat dijadikan petunjuk kehamilan dok?
2. kalau ternyata saya tidak hamil apakah dengan nilai progesterone 35 menunjukkan saya kelebihan progesterone? berbahaya ngga ya dok karena dari jawaban dokter di lain topik yg saya baca hormon progesterone mencerminkan ketebalan dinding rahim, berarti dinding rahim saya terlalu tebal ya dok?

terima kasih :?


Jawaban :
Hasil progesteron 35 ng/ml cukup baik kok...
Coba kami jawab pernomor yah...

1. Progesteron bukan merupakan petunjuk kehamilan.
Singkatnya begini....Saat tubuh kita mengalami ovulasi, berarti keluar sel telur yang siap dibuahi. Berbarengan dengan itu, maka progesteron akan mulai dibentuk. Progesteron muncul untuk mempersiapkan rahim untuk menerima kehamilan bila terjadi pembuahan (dinding rahim menjadi menebal)...
Bila terjadi kehamilan, tebal rahim akan cukup untuk ditanami zigot. kemudian progestron akan terus diproduksi untuk mempertahankan ketebalan rahim untuk pertumbuhan janin.
Tapi bila tidak terjadi pembuahan, maka rahim akan tetap menebal, hanya kemudian progesteron akan menurun secara cepat (karena tidak ada keperluan mempertahankan ketebalan rahim)...saat itu terjadilah haid...
Mungkin bisa menjelaskan yah, kalau kadar progesteron ini bisa berarti sedang mempersiapkan kehamilan sampai ada hasilnya hamil atau tidak...

2. Melanjutkan diatas, nilai ini masih dalam tahap normal dimana bisa untuk keadaan menjelang haid, atau sudah terjadi kehamilan...
Rahim anda tidak berarti tebal sekali kok..masih dalam batas normal..
Jangan khawatir ya...



Pertanyaan :
Dokter,

Apakah kita dapat mengetahui bila tidak terjadi ovulasi pada suatu periode ? Dan bagaimana kita dapat menjaga agar LH tetap baik ? Saya sudah menjaga pola makan, pola tidur dan olah raga teratur tetapi sepertinya periode ini kok suhu basal saya agak kacau. Suhu basal saya sampai dengan hari ini (hari ke 13) rata2 36,3. Ada 2 kali yang 36,2 bahkan ada 1 kali yang 36,0. Hari ke 6 suhu 36,5 dan hari ke 10 36,4. Periode saya biasanya 23-25 hari.

Apakah rata2 suhu basal bisa berubah ? 2 periode ini suhu basal saya rata2 36,2 - 36,3 (saat sebelum masa subur). Periode2 sebelumnya antara 36,3 - 36,5/6.

Bagaimana caranya agar dapat menjaga keseimbangan hormon ? Apakah ada makanan2 tertentu yang sebaiknya di hindarkan atau dikonsumsi ?


Jawaban :
Kita bisa mengetahui apakah terjadi ovulasi atau tidak dalam satu siklus dengan melakukan pemeriksaan progesteron pada hari ke 21 siklus haid..
Sebelum kita jaga keseimbangan hormon.. ada baiknya kita tahu dulu apakah hormon kita dalam batas normal atau tidak.., biasanya kita cek hormon FSH, LH , estradiol dan prolaktin pada hari ke 3-4 silkus haid..
Sampai saat ini saya tidak menemukan rujukan soal makanan atau minuman apa yang direkomendasikan untuk menjaga keseimbangan hormon.., semua masih dalam batas wacana saja..





1 Comment:

  1. Titi Ferawati Anto said...
    Dok,saya mau tanya.
    Skrg sya lg promil.sya priksa kdokter,trus pas hari ke 14 mens(sya mens sampe hari ke 7) di usg tp tidak ditemukan sel telur.lalu saya disuruh datang lagi hari 1 mens dan dikasih pil diane.
    Gunanya untuk apa dan apa ga masalah mengkonsumsi pil kb gadahal belum pernah hamil

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds