Beberapa pertanyaan dan jawaban mengenai PCO/PCOS :

* sumber : www.tanyadokter.com

Pertanyaan :
Dear Dokter....

Dok, saya di diagnosa terkena PCO. Apakah orang yg terkena PCO sulit untuk hamil? Sebenarnya PCO itu apa sih Dok! dan kenapa saya bisa terkena PCO?saya memang ada keturunan diabetes, tapi saya tidak diabetes. Gara2 terkena PCO, berat badan saya naik sampai 20 kg.

Mohon jawabannya ya Dok, sebelumnya terima kasih banyak.


Jawaban :
Kami akan coba menjawab pertanyaannya....

PCO / PCOS merupakan kumpulan gejala yang terjadi karena adanya gangguan keseimbangan metabolisme hormon. Gejala-gejala itu dapat berupa: tidak ada mens atau mens tidak teratur, obesitas terutama dibagian perut, jerawat, pertumbuhan rambut yang lebat, sampai adanya gangguan tidur.

Hormon yang terganggu disini biasanya adalah Androgens dan Estrogen.
Didalam Ovarium, Androgens akan dirubah menjadi Estrogen dengan pengaruh dari hormon FSH. Estrogen (yang dalam jumlah tertentu)lah yang akan mempengaruhi terjadinya Ovulasi, dengan adanya Ovulasi maka akan terjadi mens dan dapat terjadi kehamilan. Namun, pada pasien PCO, kadar FSH relatif rendah, sehingga Estrogen pun menjadi relatif menurun, sehingga akan terjadi gangguan Ovulasi.

Derajat terjadinya gangguan Ovulasi tiap-tiap orang akan berbeda, tergantung berat ringannya gangguan hormon tersebut diatas.
Jadi, Ya, anda akan menjadi sulit hamil, namun bukan berarti anda tidak bisa hamil. itu semua tergantung beratnya PCO anda dan pengobatan yang akan anda dapatkan dari dokter anda.

Anda bisa mendapatkan PCO, ya karena anda mengalami gangguan keseimbangan salah satu hormon diatas. Kenapa bisa begitu? Pada wanita dalam usia produktif memang sering terjadi gangguan hormon, walau tidak semuanya akan mengalami PCO

PCO juga berhubungan dengan gangguan hormon Insulin, artinya Insulin dalam tubuh anda tidak dapat digunakan secara maksimal. Gangguan ini biasa terjadi pada orang dengan Diabetes. Walau anda tidak diabetes, anda memiliki kecenderungan gangguan Insulin karena mempunyai keturunan diabetes. Gangguan ini yang memungkinkan BB anda meningkat.

Setelah anda di diagnosis PCO oleh dokter anda, anda akan diberikan obat-obatan untuk memperbaiki gangguan hormon sehingga dapat menjadi lebih teratur mens, dan obat2an untuk mengatasi gangguan Insulin, karena gangguan Insulin ini dapat secara tidak langsung mempengaruhi fungsi ovarium anda.



Pertanyaan :
Dokter yang baik aku mau tanya....tentang PCOS? sebahaya ap sih PCOS itu? trus diagnosisnya gimana? kmarin itu aq baca artikel tentang PCOS yang gejala-gejalanya hirsutisme terus amenore (mensnya sering terlambat) dan aku punya gejala-gejala itu? Dok kalo bener PCOS pengobatannya gmana? apa bisa dengan terapi hormon? soalnya aku blum nikah, aku takut kalo ke dokter disuruh macam2 hehehe... kan malu... ditunggu jawabannya ya dok!!

Jawaban :
PCOS singkatan dari Polycystic Ovary Syndrome. Didefinisikan sebagai adanya suatu gangguan endokrin yang ditandai dengan tidak teraturnya ovulasi dan/atau menstruasi, dan meningkatnya hormon androgen atau hormon pria. Gejala dari tiap individu sangat beragam bergantung akan gangguan endokrin atau hormon yang terjadi.

Bahaya dari PCOS juga bergantung akan gangguan endokrin, beberapa hal yang berhubungan dengan resiko PCOS antara lain adanya kanker endometrial, gangguan penyakit jantung, Diabetes, keguguran, stroke, hipertensi dan peningkatan kadar lemak darah serta berat badan yang berlebih.

Pendiagnosaan PCOS diperlukan antara lain dengan riwayat penyakit, pemeriksaan dengan USG kandungan, serta pemeriksaan kadar hormon androgen.

Amenore ataupun hirsustisme tidak hanya disebabkan PCOS, namun PCOS dapat menyebabkan kedua hal tersebut. Untuk meyakinkan itu sebaiknya ibu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada dokter ahli.

Penanganan pada PCOS pada umumnya melibatkan empat prinsip antara lain : penurunan kadar insulin, pengembalian fertilitas, penanganan akan hirsustisme, dan pengembalian siklus menstruasi dalam keadaan yang teratur.

Pada wanita yang belum menikah, pada umumnya kita melakukan pemeriksaan yang khusus, tanpa macam2. Apabila memang anda tidak nyaman, sebaiknya anda diperiksakan oleh dokter ahli yang wanita. Namun menurut saya tidak perlu malu, sebab seluruh dokter pada umumnya akan bersikap secara profesional untuk membantu masalah ibu.



Pertanyaan :
dok, saya mau tanya test apa aja yang perlu dilakukan untuk mengetahui saya terkena PCO?

saya dari sebelum nikah memang ga teratur haidnya karena tidak stabilnya hormon estrogen,sejak november 2007 saya konsultasi lagi ke 2 dokter kandungan dan sama diberi obat hormon lutenyl untuk menstabilkan haid... bulan des 2007 mens selama 4 hari jangka waktu 2 minggu setelah lutenyl habis diminum selama 10 hari...
jan2008 tidak haid, feb 2008 sama seperti des 2007, mar 2008 haid meskipun tidak minum lutenyl, tgl sama seperti feb.. april ga haid, mei haid mundur 10 hari dari tgl feb dan mar tidak minum lutenyl. nah juni (waktu saya menikah sampai sekarang tidak haid lagi... awal agt sudah minum lutenyl lagi tapi belum ada hasilnya...
saya sudah test kehamilan hasilnya negatif.

waktu saya konsul ke dokter bulan feb 2008, saya diminta kontrol saat haid hari ke5, tetapi saat itu berhalangan kontrol..demikian juga waktu may haid, saya berusaha kontrol di haid hari ke5, ternyata waktu itu dokternya berhalangan sehingga saya tidak jadi kontrol..

apakah melalui test laboratorium bisa diketahui saya terkena PCO atau tidak? test apa aja yang harus dilakukan?
terima kasih..


Jawaban :
Pemeriksaan PCO mencakup beberapa pemeriksaan tambahan.

Pemeriksaan melalui laboratorium dapat memeriksakan kadar hormon Androgen, kadar LH dan FSH

Pemeriksaan secara USG untuk melihat perlengkapan kehamilan ibu.

Selain itu semua juga untuk keadaan2 lain yang berhubungan dengan penyakit PCO, antara lain profile lemak, gula darah, TSH dan lainnya sesuai dengan keadaan dan kondisi.

Seluruh pemeriksaan tersebut atas anjuran dokter ahli yang memeriksa ibu, jadi sebaiknya ibu berkonsultasi dan bertanya selengkapnya kepada dokter ahli kandungan.



Pertanyaan :
dok sy mau tanya lg...trm ksh ats jawaban pertanyanan sebelumnya

1. sy br dpt konfirmasi dr dokter dmn sy program hamil bhw sy termsk kasus PCO dmn dari yg sy baca biasanya ditreatment dgn obat diabet spt Gluchopage. Saat sy tanya apkh sy jg ditreatment dgn obat spt itu dokter menjwb IYA, tp sy lupa tanya obat yg mana. Apkh stiap kasus PCO memang hrs di treatment obat diabet ?

2. Bskah dokter memberi tahu sy jenis/khasiat/fungsi dr obat2 yg selama ini sy konsumsi?Perlu sy tambahkan bhw hasil tes Tokso saya (+).

- Serophene
- Seleca antioxidant
- asthinfor C
- Duphaston
- Acyclovir
- Clindamicyn
- Isoprinosine

3. Adkh dari obat2 diatas yg berfungsi sbg obat diabet?

4. Apkh stiap kasus PCO hrs diet karbohidrat & gula serta rutin Olah Raga?

5. Apkh sebenarnya hub antara PCO dgn Diabet?


terima kasih...maaf pertanyaannya banyak...sy tunggu jawabannya :) .



Jawaban :
Langsung kami jawab yah...
1. Untuk PCO memang biasanya diobati dengan obat diabetes, karena salah satu yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan terjadi kista kecil2 yang banyak adalah adanya metabolisme hormon insulin yang tidak baik.
Memang tidak semuanya, biasanya tergantung juga dari berat ringan menurut penilaian dokter...
Jika tidak terlalu berat, mungkin tidak diberikan bat diabetes...

2. Serophene merupakan obat untuk membantu pematangan sel telur
- Seleca antioxidant merupakan suplement antioksidan untuk membantu metaboisme tubuh yang lebih baik...
- asthinfor C, kami rasa vitamin C, karena kami tidak dapat menemukan informasi mengenai obat ini..
- Duphaston merupakan obat sintetik untuk membantu hormon progesteron, biasanya untuk membantu memperkuat dinding rahim...apakah ada masalah pada progesteron anda ? mungkin karena riwaya tkeguguran anda yah..
- Acyclovir merupakan obat anti virus...(kami agak bingung, karena toksoplasma disebabkan oleh parasit...apakah komponen torch yang lain positif?)
- Clindamycin merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi, biasanya untuk infeksi pada organ reproduksi anda..apakah anda pernah mengalami masalah infeksi di reproduksi anda ?
- Isoprinosine merupakan salah satu modulator untuk memperkuat daya tahan tubuh...anda memerlukannya untuk melawan infeksi yang ada..

Kalau boleh tahu, tokso anda positif, IgG atau IgM ?

3. Tidak ada satupun obat diatas yang berfungsi sebagai obat diabetes..
Mungkin dokter belum menilai perlu untuk mengkonsumsi obat diabetes..
Apakah anda sudah mengukur kadar gula darah anda ? kalau normal, artinya juga tidak perlu..

4. Diet karbohidrat dan gula biasanya memang untuk diabetes, dan bila PCO anda masih ringan, diet ini akan membantu agar tidak semakin berat, karena mungkin sudah mulai ada kecenderungan kearah sana..

5. Hubungan PCO dan diabetes expertise yang kami sebutkan diatas, hormon insulin yang tidak dimetabolisme dengan baik, biasanya terjadi pada penderita diabetes.



Pertanyaan :

siang dok, saya mo tanya kira-kira ciri-ciri terkena PCo itu gmn ???apa setiap bln mens sakit ???
Apakah dengan mens yang teratur jg dpt mengalami PCO ????
apakah dg HSG jg dpt diketahui PCO ????

Trima kasih atas jawabannya .......


Jawaban :
ciri-ciri PCOS adalah siklus menstruasi yang tidak teratur, atau bahkan tidak mengalami menstruasi dalam beberapa siklus/bulan.., pertumbuhan bulu-bulu halus dibawah hidung (kumis halus), acne/jerawat, bulu-bulu d punggung dan atau dada..akibat peningkatan hormon androgen, dan didukung dari hasil pemeriksaan USG transvaginal yang memberikan gambaran folikel-folikel kecil yang jumlahnya lebih dari 9 buah..
jarang sekali PCOS menyebabkan nyeri saat haid atau menstruasinya tetap teratur..
HSG berfungsi untuk melihat adakah kelainan pada bentuk uterus/rahim, dan saluran tuba, sehingga tidak dapat untuk mendiagnosis PCOS..
Semoga jawaban ini bisa membantu...



Pertanyaan :
Dokter, saya sudah 2.5 tahun menikah, tapi sampai saat ini kami masih belum juga dikaruaniai momongan, awal2 menikah kami memang berjauhan selama hampir 1 tahun, dan baru 1.5 tahun ini kita berdekatan (satu rumah), dan selama 7 bulan terakhir ini kami intensif memerikasakan diri ke dokter kandungan.
Untuk tahap pertama suami saya test sperma, tetapi hasilnya Oligozoopermia, kemudian saya dicoba terapi dengan Profertil selama hampir 3 bulan, karena tidak kunjung hamil juga akhirnya pada Bulan Desember 2006 saya menjalani tiup rahim (Hydrotubasi) dan hasilnya Patent. Kemudian saya siterapi lagi dengan penyubur kandungan selama 2 bulan dan suami juga diberi obat untuk memperbaiki kuantitas sperma.
Tetapi karena tak kunjung hamil juga akhirnya saya mencari second opinion ke dokter lain, dari situ baru saya tahu kalau saya terkena PCO dan rahim mengarah ke belakang (terbalik). Dari sini kemudian saya diterapi dengan menggunakan Glucotika dan Folag selama 2 atau 3 bulan dan harus menjalani diet,sedangkan untuk suami diberikan Tribestan, Selama ini siklus haid saya sangat normal, yang saya ingin tanyakan :
1. Dok, apakah saya bisa hamil dengan kondisi rahim seperti saya yang terbalik ini ?
2. Apa fungsi dari Glucotika, Folag & Tribestan tersebut?
3. Posisi seperti apa yang baik untuk berhubungan, agar sperma bisa lebih mudah bertemu dengan sel telur sementara rahim saya terbalik (kalau doketr saya bilang selesai berhubungan harus tengkurap ?)
4. Apa rahim yang kebelakang bisa diperbaiki dengan pemeriksaan dalam oleh dokter (mengingat dokter saya ketika melakukan pemeriksaan dalam sepertinya sedang membetulkan rahim saya)?
5. Apa saya bisa hamil dalam masa penyembuhan PCO (ketika mengkonsumsi Glucotika) ?
6. Cara apa lagi yang harus saya tempuh agar saya cepat hamil Dok?

Terima kasih untuk jawaban dari dokter, saya sangat menunggu jawaban dari Dokter .


Jawaban :
Langsung kami jawab ya...
1. Posisi rahim terbalik sebeanrnya tidak berpengaruh besar terhadap kehamilan, banyak yang seperti anda tapi dapat mempunyai anak, banyak bahkan... :)
Jadi jangan khawatir, hanya saja tambahan dari kami, setelah sperma keluar, usahakan anda mengganjal pinggul dengan bantal atau mengangkat kedua kaki keatas, agar sperma tidak tumpah kembali, atau burhubungan dengan posisi dari belakang....

2. Glucotika untuk mengobati gangguan hormon insulin anda. Pada PCO biasanya terjadi gangguan produksi dan kerja insulin.
Kemudian folag untuk usaha anda hamil, seperti tambahan multivitamin, lalu tribestan adalah produk herbal yang untuk meningkatkan gairah, kemampuan seksual, dan dikatakan dapat meningkatkan kadar hormon LH (untuk ovulasi).

3. Posisi ini sudah kami tambahkan diatas ya... :)

4. Rahim terbalik ini tidak dapat diperbaiki kok, karena memang seperti itu bentuknya, tapi sekali lagi jangan khawatir ya...

5. Selama PCO bisa saja anda hamil, hanya saja sulit karena jarang ada sel telur yang dimatangkan. Tapi diharapkah dengan pengobatan akan membuat ovulasi berjalan baik dan bisa hamil. Yang penting adalah terus mencoba ya... :)

6. sebaiknya anda berkonsentrasi untuk mengatasi PCOnya ya...dengan selesainya PCO nanti, anda bisa mencoba untuk hamil secara biasa dulu kok, tidak usah dengan cara2 lainnya dulu...ok...

Sekian jawaban yang dapat kami sampaikan sekarang...semoga dapat membantu anda ya...
Terima kasih...

4 Comments:

  1. Mariska said...
    dear dokter,

    saya diduga mengidap PCO o/ dr .saya, karena telihat dari fisik saya dan haid saya tidak teratur . tetapi waktu di USG hasilnya bersih tidak ada apa2.

    dok saya mau bertanya

    1.jika blm menikah apa yang harus saya lakukan untuk pengobatanya?

    2.apakah PCO dapat menyebabkan pergantian kelamin dok ?

    3. apakah wanita PCO terlihat seperti lelaki ?

    4. apakah saya bisa hamil jika saya sudah menikah nanti?
    Tina said...
    Pertanyaan :

    Dok, saya uda dari umur 17 th mens ga lancar and uda ke berbagai macam dokter kandungan baru tahun lalu setelah 10 tahun baru ketauan kalo saya menderita PCO syndrome.

    Uda terapi setaon (dikasi obat diabetes sama PIL KB) ga sembuh2 akhirnya dokternya nyerah suruh aku ke dokter hormon. sekarang saya bergantung ama Pil KB untuk bisa haid.

    Ada recommend dokter yang biasa menangani penyakit ini ga?
    Unknown said...
    dok .. saya mahasisiwi usia 19tahun . baru saja saya didiagnosa terkena PCOS . setelah membaca artikel - artikel tentang PCOS sejujurnya saya jadi agak ngeri membayangkan bagaimana masa depan saya . apalagi tadi juga disebutkan PCOS merupakan penyebab interfelitas yang sering dialami wanita . apakah kemungkinan saya untuk menjadi wanita yang mengalami interfilitas itu tinggi ?
    dan sebaiknya apa yang harus saya lakukan ?
    terima kasih
    Unknown said...
    . Dok.. saya udah g mest selama 8 bulan.. udah saya usg katax cuma gangguan hormon... tp saya kuatir. Tidak dikasih obat apa2 saya udah ke doktr kandungan n katax kalo manikah suruh datang lagi supaya bisa keluar mensx... obt apa yaaa yg seharusx q minum.... ????

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds